Bahan Baju yang Tidak Mudah Kusut, Cocok Untuk Dibawa Bepergian

Biasanya setelah pakaian selesai dicuci, dan dikeringkan maka selanjutnya adalah menyetrika pakaian untuk menghilangkan efek kusut pasca dicuci. Tapi, ternyata tidak semua bahan harus dihaluskan terlebih dahulu karena ada beberapa bahan baju yang tidak mudah kusut sehingga tidak terlalu perlu untuk disetrika. Beberapa bahan tersebut diantaranya :

1. Bahan Denim

Sepertinya banyak yang sudah mengetahui bahwa denim merupakan pakaian yang memiliki kekuatan bagus. Tidak hanya itu saja bahan denim juga tidak perlu sering untuk dicuci, dan yang paling penting tidak perlu disetrika. Karena memang setelah dicuci, bentuk baju berbahan denim akan langsung kembali seperti semula.

2. Bahan Korduroi

Mungkin banyak yang belum familiar dengan bahan ini, karena biasanya bahan korduroi hanya digunakan pada pakaian tertentu. Korduroi merupakan bahan yang tebal, lalu pada bagian permukaan akan tampak seperti bulu-bulu halus. Biasanya bahan ini tidak mudah kusut sehingga sangat cocok jika dibawa untuk berlibur.

3. Jersey

Kalau untuk bahan yang satu ini paling sering dijumpai pada pakaian untuk olahraga, seperti kaos jersey futsal printing. Karakter dari jersey ini selain lembut, dan halus juga tidak mudah kusut. Bahkan ketika tetap ingin disetrika sekalipun lebih baik lakukan dengan suhu rendah, supaya tidak merusak serat kain.

4. Berbahan Wol

Bahan yang satu ini memang sudah terkenal akan kualitas dan juga harganya yang lumayan tinggi. Meskipun begitu hal ini sebanding karena memang kain ini memberikan kesan eksklusif kepada pemakainya. Baju dengan bahan ini tidak akan mudah kusut, sehingga perawatan yang dilakukan bisa lebih mudah.

5. Polyester

Selanjutnya adalah bahan baju yang tidak mudah kusut datang dari jenis polyester. Apabila kain sudah berbahan 100% polyester, maka hindari menyetrika pakaian tersebut. Sebab saat terkena suhu panas, kain tersebut akan langsung terbakar. Tapi tenang saja kain ini tidak mudah kusut, sehingga tidak perlu disetrika.

READ  Cara Tepat Memilih Desain Kemeja Lengan Panjang

6. Sifon

Salah satu karakteristik baju yang berbahan dasar sifon adalah tipis, sehingga saat disetrika baju bisa langsung terbakar. Tapi kain sifon ini juga memiliki sifat tidak mudah kusut, kalaupun sudah kusut maka cukup diangin-anginkan saja setelah sebelumnya disemprotkan pewangi.

7. Brokat

Baju yang dibuat dengan bahan brokat akan memberikan kesan elegan dan mewah kepada pemakainya. Kelebihan lainnya dari bahan brokat adalah baju ini tidak mudah kusut. Karena itu baju ini juga tidak perlu disetrika, karena ketika disetrika justru bisa membuat baju menjadi rusak ataupun sobek.

8. Wol Silk

Merupakan turunan dari bahan wol, bahan yang satu ini hadir dengan harga yang jauh lebih murah dari bahan wol. Meskipun begitu kualitasnya tetap setara dengan bahan wol, salah satunya adalah tidak mudah kusut. Hal ini dikarenakan material utama penyusun bahan ini merupakan bahan yang sama untuk menyusun wol.

9. Rajut

Terakhir adalah bahan rajut yang memang memiliki kelebihan akan tetap terlihat rapi, bahkan setelah dicuci. Bahan yang satu ini merupakan jenis knit dengan kumpulan benang yang saling mengunci, dan pastinya kuat. Sehingga pemakainya tidak perlu menyetrika bahan ini untuk terlihat lebih rapi, karena bahan ini akan langsung terlihat seperti semula.

Jadi itulah tadi beberapa bahan baju yang tidak mudah kusut, ternyata banyak sekali ragamnya. Dari mulai bahan alami seperti wol, sampai bahan industri seperti polyester. Keunggulan dari bahan yang tidak mudah kusut itu adalah bahan lebih awet karena tidak harus disetrika pada suhu panas yang tidak jarang bisa merusak bahan.

Comments are closed.