Cara Praktis Budidaya Ikan Lele

Ikan lele merupakan salah satu ikan airĀ  tawar yang paling banyak disukai khususnya oleh masyarakat indonesia. Ikan lele juga dapat dijadikan sebagai usaha peluang apalagi ikan ini banyak memiliki peminat dan ikan ini juga sangat mudah di temui. Pastikan anda dapat mengetahui cara praktis budidaya ikan lele.

Cara Praktis Budidaya Ikan Lele

Dengan membudidayakan ikan lele anda dapat membuka usaha lele sehingga dapat menguntungkan anda. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik anda harus membudidayakan ikan lele dengan benar.

1 Pembuatan Kolam

Hal pertama yang harus di siapkan adalah menyiapkan kolam. Kolam yang ini dapat berbentuk tanah, terpal maupun semen. Kolam yang anda buat harus memiliki ukuran yang besar sehingga dapat mengurangi resiko kematian ikan lele karena bersesak sesakan sehingga kurang oksigen.

Isi air dengan dengan cukup sehingga ikan tidak merasa kepanasan. Sebelum anda memasukkan air pastikan anda membersihkan kolam terlebih dahulu.

2. Pemilihan Bibit

Pemilihan bibit adalah hal yang penting, anda harus memilih bibit unggul yang lebih sulit terserang penyakit, sehat dan bisa lebih besar. Bibit ikan lele unggul akan lebih agresif saat proses pemberian makan, lele akan terlihat ukuranya dan warnanya lebih sedikit terang.

Ikan lele adalah jenis ikan yang kanibal yaitu ikan yang memakan sesama jenis. Untuk menghindari resiko kematian ikan, anda harus memisahkan ikan lele yang berukuran lebih besar dengan ikan lele yang berukuran lebih kecil.

3. Pemeliharaan

Langkah selanjutnya adalah pemeliharaan, anda harus melakukan pemeliharaan terhadap ikan lele. Anda dapat melakukan pemeliharaan dengan dara mengganti air kolam sebelum panen agar mendapat ketenangan air kolam terjaga. Jangan mengeunakan cara sirkulasi saat menguras kolam karena cara itu dapat mengurangi keasaman air.

Anda bisa menambahkan air setelah anda telah memberi makan dan lakukan secara bertahap. Lakukan pemberian makan sehari 3 kali, sebaiknya anda memberi makan setelah matahari terbit agar populasi air yang mencemar dapat dihancurkan dengan sinar matahari.

READ  Cara Merawat Rumput Pada Halaman Rumah

4. Pemisahan Siap Panen

Setelah tiga bulan maka ikan lele siap panen, pada saat ikan siap panen warna air kolam akan berubah menjadi merah. Ikan yang siap panen memiliki ukuran 5 sampai 7 cm atau 9 sampai 12 cm. lakukan penen dengan hati hati dan bersihkan kolam untuk di huni ikan lele yang baru.

5. Pemasaran

Anda dapat menjual ikan lele anda kewarung. Anda dapat menjual ikan lele yang memiliki kualitas terbaik, sehingga anda dapat mempromosikan hasil budaya ikan lele kepada keluarga, dan teman teman anda. Anda harus menggunakan marketing digital agar usaha anda semakin berkembang.

Demikianlah cara praktis budidaya ikan lele. Semoga dapat menambah wawasan kita semua dan dapat membantu anda dalam membuka usaha ikan lele.

Comments are closed.