Jenis Kain dan Cara Mencucinya

untuk mencuci pakaian kita perlu mengetahui jenis kainya agar saat proses pencucian kain anda tidak mudah rusak, dan menjaga keawetan pakaian berdasarkan jenisnya.

1. Wol

Mencuci pakaian jenis wol ini apa bila terdapat pada lebel bisa menggunakan mesin maka tidak apa mengunakan mesin dan pastikan anda sudah menyetel sistem pencucian lembut, tapi bila tidak ada maka anda dapat mencucinya menggunakan tangan dan deterjen. Kain wol pada umumnya terbuat dari serat baik buatan manusia atau dari serat hewan, kain jenis ini lebih baik bila di cuci menggunakan air dingin, karna bila menggunakan air hangat kainya bisa kusut dan rusak.

2. Sutra

Sutra sangat terkenal dengan kemahalan dan kain yang sangat sensitif. Untuk mencucinya sebaiknya anda mencucinya menggunakan tangan, jangan mengucek dan juga di keringkan karena kain ini sangat sensitif. Anda bisa mencucinya menggunakan air yang bersuhu sedang, untuk menjaga keawetan pada kain anda .

3. Nilon

Mencuci pakaian dengan jenis nilon ini bisa menggunakan mesin dan tangan, kain nilon ini adalah kain yang biasa di gunakan pada kaos dan kerudung, bahkan anda bisa menyetrika kain ini dengan suhu normal. Kain jenis nilon ini sangat sensitif dengan bahan kimia dan noda anda bisa memcuinya terpisah dengan kain yang mudah luntur untuk menjaga keawetan pada kain ini.

4. spandex

Mencuci pakaian ini bisa menggunakan mesin maupun tangan, namun kain jenis ini ialah kain yang menempel pada badan, dan kain ini bisa saja melar bukan karna harga mesin cuci yang murah, tapi cara anda mencucinya yang tidak tepat. Hindari mengeringkanya di mesin pengering karena itu bisa saja membuatnya melar.

5. Polyester

Kain dengan jenis ini ialah kain yang sangat mudah di rawat. Kain ini bisa dicuci dengan mesin cuci atau dengan tangan, hindari mengeringkanya secara berlebihan karna akan membuatnya kusut, saat kain ini kusut maka dapat anda sertika dengan suhu yang rendah.

READ  Cara Tepat Memilih Desain Kemeja Lengan Panjang

6. Katun

Kain dengan jenis ini adalah kain yang sangat nyaman digunakan karena kain yang tipis dan santai, cara mencucinya yang terutama ialah memisahkanya dengan warna mencolok yang akan luntur, ini juga dapat dicuci dengan air yang bersuhu dingin ato hangat karna tidak akan berkerut, namun saat proses pencucian kain ini tidak bisa berlebihan karna akan membuanya rusak. Mencuci kain ini sangat perlu berhati ati karna kain ini mudah luntur.

7.Denim

Kain dapat dicuci dengan mesin ataupun tangan, cara mencucinya agar lebih meksimal iyalah sikat noda yang paling mecolok pada kain ini dengan satu arah atau kucek menggunakan sabun, setelah noda hilang maka cuccila secara keseluruhan.

Demikianlah jenis kain beserta pencucianya.Semoga dapat membantu anda dalam merawat kain pada saat proses pencucian sehingga tidak ada kerusakan pada kain

Comments are closed.