Kelebihan memilik website sendiri

Website adalah hal yang wajib kamu punya. Dengan website, kamu bisa terlihat lebih profesional, punya reputasi yang menjanjikan, dan juga tentunya, punya personal branding yang lebih kuat. Makanya, siapapun kamu fotografer, graphic designer, blogger, pengusaha, bahkan sampai pebisnis kuliner, harus punya website!

  1. Menentukan jenis website. Kamu harus tahu website seperti apa yang ingin kamu buat. Soalnya, kalau nggak, akan bingung dengan banyaknya pilihan. Biar tahu website seperti apa yang ingin kamu buat, coba deh jawab beberapa pertanyan ini:
  • Yang pertama, website macam apa yang kamu inginkan? Blog? Toko online? Atau company profile?
  • Yang kedua, bagaimana bentuk websitenya? Statis atau dinamis?
  • Yang ketiga, bagian apa yang ingin ditonjolkan? Gambar? Tulisan? Atau produk yang dijual?
  • Yang terakhir, fitur apa yang diperlukan? Slider? Reservasi? Atau kolom langganan newsletter?

Kalau sudah tahu jawabannya, kita lanjut ke langkah berikutnya.

  1. Mengatur domain dan hosting. Untuk membuat website gratis, kamu bisa pakai WordPress.com. Tapi sayangnya, fitur yang ditawarkan sangat terbatas. Iklan nggak bisa dihilangkan, nggak ada custom domain, plugin, SEO tools, dan fitur premium lainnya. Makanya, kami sarankan kamu untuk memakai WordPress.org. WordPress.org itu open-source, punya fitur tak terbatas, dan juga gratis. Tapi juga harus berlangganan hosting untuk menyimpan data-data. Kamu juga butuh domain agar websitemu mudah dikunjungi orang.

 

 

 

  1. Menginstall WordPress. Untuk install WordPress, kamu sebenarnya tinggal centang opsi Gratis Auto Install Website WordPress di halaman pembelian. Dengan cara ini, WordPress akan terinstall secara otomatis.
  2. Langkah berikutnya, install tema. Setelah kamu berhasil menginstall WordPress, kamu juga perlu untuk menginstall tema. Tema membantu kamu untuk membuat website tanpa harus mengerti coding. Kamu bisa memilih tema sesuai selera, lalu, tinggal klik-klik aja. Caranya, buka Dasboard WordPress > pilih Appearance > lalu Themes >dan klik tombol Add New di pojok halaman atas > kemudian cari tema yang pas., sesuai website kamu. Ketika sudah ketemu, langsung klik tombol Install. Kamu bisa preview tema lebih dulu dengan klik tombol Live Preview. Kalau sudah yakin, baru aktifkan dengan tombol Activate.
  3. Memasang plugin. Plugin memungkinkan kamu untuk menambah fitur semau kamu. Mau itu live chat, page builder, galeri, social media, bahkan halaman under construction. bisa kamu tambahkan di website kamu. Apa pun bisa kamu tambahkan ! Caranya begini, masuk ke Dashboard WordPress > Lalu pilih Plugins > dan Add New. Kamu tinggal cari plugin yang ada dan klik Install Now. Tunggu beberapa saat dan klik tombol Activate untuk mengaktifkan plugin. Selain plugin bawaan dari WordPress, kamu juga bisa upload file plugin dari laptopmu. Caranya sama. Plugins > Add New > lalu Upload Plugin > dan Install Now. Untuk tahu plugin apa aja yang harus diinstall di website.
  4. Optimasi website. Kamu perlu mengoptimasi website kamu, agar website kamu mudah diakses dan juga didatangi banyak pengunjung.
READ  Keuntungan Menggunakan Tema Wordpress Premium

Ada tiga cara untuk mengoptimasi sebuah website:

  • Yang pertama, optimasi kecepatan agar websitemu cepat diakses.
  • Yang kedua, optimasi SEO agar websitemu mudah diindeks, dan tampil di halaman pertama Google.

 

  • Yang terakhir, optimasi keamanan agar kamu nggak kehilangan data atau kena sasaran spam.

Gimana? Gampang banget kan cara bikin website gratis? Kalau kamu belum yakin untuk bikin website, coba deh inget-inget, 88% orang mengandalkan internet untuk mencari kebutuhan mereka. Sedangkan, 56% orang mengaku tidak percaya dengan bisnis yang tidak memiliki website. kamu bisa juga lho bikin website diĀ jasa pembuatan website jogja banyak bonus nya hehehe

 

Tagged:

Comments are closed.