Sumber Daya Alam Yang Potensial di Asia Tenggara

  1. Penghasil Barang Tambang

Bangsa-bangsa di kawasan Asia Tenggara memiliki potensi yang luar biasa sebagai pengembang barang tambang, antara lain: peti kemas, bouksite (Indonesia dan juga Malaysia), minyak dan juga gas alam (Brunei Darussalam), perak dan emas (Filipina), timah (Thailand), batubara (Vietnam), gas alam (Myanmar), dan bijih besi (Kamboja).

Banyak perkembangan pertambangan yang dihasilkan di kawasan Timur Tenggara digunakan sebagai bahan dasar untuk industri penting di Asia Tenggara.

  1. Sumber Daya tanah

Sumber daya tanah yang ditemukan di kawasan Asia Tenggara dibentuk oleh prosedur endogen dan eksogen, serta melalui metode disintegrasi, bertahan hidup, dan sedimentasi. Banyak harta benda di kawasan Asia Tenggara berupa kotoran yang melimpah karena bersumber dari bebatuan yang berasal dari gunung berapi, sehingga dimanfaatkan untuk pertanian, sedangkan tanah yang kurang subur terdiri dari: kapur dan tanah gambut.

Segala informasi tentang sumber daya alam dan hasil alam ada di alamalami.com

  1. Potensi Hutan

Sumber hutan praktis tersebar merata di Asia Tenggara, seperti di Myanmar, Thailand, Kamboja, Laos, Vietnam, Malaysia, Indonesia, Brunei Darussalam, Filipina, kecuali Singapura. Kayu di Asia Tenggara dikumpulkan untuk barang-barang kayu mereka.

Misalnya kayu keras, rotan, getah kayu keras, bambu, hewan, selain itu digunakan untuk atribut waduk, atribut cadangan, relaksasi serta fitur sebagai paru-paru dunia, dan juga berfungsi sebagai penampung air (tangki).

  1. Potensi Laut di Asia Tenggara

Laut di kawasan Tenggara Timur memiliki kemungkinan sebagai sumber daya alam yaitu sebagai sumber utama hujan, sumber barang tambang, bahan baku pembuatan natrium, transit murah serta pengambilan barang-barang perairan antara lain: ikan, alga, kerang , pengeluh, dan lainnya.

  1. Sumber Daya Iklim

Sumber daya cuaca di Asia Tenggara mendukung pengembangan tanaman padi, sehingga negara-negara di Asia Tenggara disebut sebagai pengembang beras, yang meliputi: Vietnam, Thailand dan Myanmar.

  1. Tempat Strategis di Asia Tenggara

Asia Tenggara terletak di antara Samudera Pasifik dan juga Laut Hindia sehingga merupakan jalur pengiriman aktif melalui Selat Malaka, Sunda Inlet, Bali Inlet, dan juga Lombok Inlet. Lokasi Asia Tenggara ini juga menjadi hub di antara negara-negara di Asia Barat, Afrika dan juga Asia Selatan, dengan negara-negara Asia Timur, Australia dan Selandia Baru.

READ  Cara Membuat Kerupuk Bawang Renyang dan Nikmat

Singapura sebenarnya adalah negara transit paling penting untuk tugas ekspor dan impor dan juga merupakan perhentian bagi kapal-kapal besar untuk mengisi bahan bakar, makanan, bengkel dan juga sebagai tempat untuk layanan perbaikan (docking) kapal yang rusak.

Selain itu, Asia Tenggara sebenarnya juga terkenal dengan lokasi farmstead-nya, yang menampilkan oil hand (Malaysia dan Indonesia), karet (Thailand, Malaysia serta Indonesia).

Berikut sebaran sumber hara di Asia Tenggara:

  1. Seng Besi: Myanmar, Thailand, Filipina
  2. Emas: Filipina, Malaysia
  3. Bouksite: Malaysia
  4. Nikel: Indonesia, Filipina
  5. Batu Permata: Myanmar ‘
  6. Wolfrom: Myanmar, Thailand
  7. Kuprun: Malaysia, Indonesia, Filipina
  8. Chromium: Filipina
  9. Garam Batu: Thailand
  10. Timah: Malaysia, Indonesia.

Demikian perbincangan singkat tentang Aset Alam di Kawasan Asia Tenggara dan juga Kemampuannya, idealnya hal ini bermanfaat sekaligus berharga bagi semua pembaca. Simak juga postingan menarik dan bermanfaat mengenai benua atau negara di muka bumi. Terima kasih.

Comments are closed.